Logo Bloomberg Technoz

Adapun secara tahunan, penjualan ritel AS meningkat 3,8% pada September, tertinggi dalam tujuh bulan dan menyusul kenaikan 2,9% yang direvisi naik pada Agustus kemarin.

Perkembangan ini menunjukkan konsumen masih tetap bersemangat meskipun terjadi peningkatan inflasi yang didorong oleh harga energi baru-baru ini. Meskipun pertumbuhan upah mulai melemah, pasar tenaga kerja AS secara umum tetap kuat, sehingga memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk tetap melakukan pengeluaran.

Investor juga terus mencermati peristiwa geopolitik terkini di Timur Tengah. Para pemimpin Arab membatalkan pertemuan dengan Joe Biden setelah adanya laporan ledakan di sebuah rumah sakit di Gaza, kala Presiden AS tersebut bersiap untuk tiba di Israel.

“Amerika Serikat dengan tegas mendukung perlindungan kehidupan warga sipil selama konflik dan kami berduka atas para pasien, staf medis, dan orang tak berdosa lainnya yang tewas atau terluka dalam tragedi ini,” kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dirilis Gedung Putih pada Selasa (17/10/2023) malam.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan sedikitnya 200 orang tewas dalam pemboman rumah sakit tersebut. Pejabat dari kementerian di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas mengatakan kepada televisi Al Jazeera bahwa jumlah korban jiwa mencapai 500 orang, yang akan menjadikannya serangan paling mematikan sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Sementara, dari dalam negeri, investor mulai memantau dinamika politik jelang pemilu 2024. Saat ini, giliran PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan pasangan bakal capres-cawapres di gedung DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta pada Rabu (18/10/2023).

Hingga pukul 09.00 WIB sejumlah figur hadir Plt Ketua umum PPP Mardiyono, Ketua TPN Ganjar Presiden (TPNGP) Arsjad Rasjid. Sekitar pukul 09.15 WIB tampak elite PPP Sandiaga Uno juga sudah hadir.

Ganjar sendiri saat ini diketahui tengah menjalani pemeriksaan atau tes kesehatan di Rumah Sakit Fatmawati, sebelum dia akan menuju ke gedung DPP PDI Perjuangan. Ganjar dijadwalkan tiba pada pukul 09.30 WIB nanti.

(fad)

No more pages