Logo Bloomberg Technoz

Epic Comeback, TikTok Berpotensi Jadi Mitra GOTO dalam E-Commerce

Mis Fransiska Dewi
18 October 2023 09:12

Kantor TikTok di Singapura. (Dok: Ore Huiying/Bloomberg)
Kantor TikTok di Singapura. (Dok: Ore Huiying/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maybank Sekuritas Indonesia mengeluarkan riset terbaru mengenai PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Di tengah tekanan harga saham GOTO, Maybank membuat riset mengenai peluang TikTok menjadi mitra dari GOTO agar bisa kembali ke bisnis e-commerce.

Hal ini cukup mengejutkan karena wacana GOTO dan TikTok bermitra belum pernah menjadi wacana publik sebelumnya. Bahkan analis menilai penetrasi TikTok Shop sebelum ditutup di Indonesia, bisa mempengaruhi kinerja Tokopedia, sayap e-commerce dari GOTO. Namun Tiktok Shop telah berhenti beroperasi akibat aturan Permendag 31/2023

Riset Maybank Sekuritas meyakini TikTok akan terus melanjutkan bisnis e-commerce karena Indonesia adalah pasar yang menguntungkan. Untuk kembali ke bisnis e-commerce Tiktok memiliki 3 strategi yakni (1) berkolaborasi dengan pemain yang sudah ada melalui API (Application Programming Interface), (2) membangun platform e-commerce, dan (3) mengakuisisi pemain yang ada. 

"Sejumlah media di Indonesia berspekulasi bahwa TikTok Shop akan kembali  ke Indonesia pada 10 November 2023 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan," tulis Riset yang dipublikasikan Selasa (17/10/2023).

Dari tiga opsi tersebut, Maybank meyakini TikTok Shop dapat kembali beroperasi adalah melalui kemitraan dengan pemain yang sudah ada. Menurut Maybank ada 3 syarat penting untuk menjadi mitra TikTok, Pertama, memiliki ekosistem yang terintegrasi (logistik, pembayaran digital). Kedua, basis pengguna yang sangat besar di Indonesia. Ketiga, pemahaman mendalam tentang pasar lokal.