Logo Bloomberg Technoz

Profil Prabowo Subianto Capres Koalisi Indonesia Maju

Ezra Sihite
22 October 2023 20:23

Prabowo Subianto setelah melakukan voting pada 2014. (Sumber: Bloomberg)
Prabowo Subianto setelah melakukan voting pada 2014. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Untuk ketiga kali Prabowo Subianto berlaga dalam pemilihan presiden setelah bersama Gibran Rakabuming Raka diajukan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Minggu (22/10/2023) malam. 

Prabowo, mantan menantu Presiden Soeharto, meniti karier di bidang militer dengan pangkat Letnan Dua setelah tamat dari Akademi Militer Magelang pada 1974. Setelah orde baru dilengserkan lewat gerakan reformasi pada 1998, dia kemudian menjadi pengusaha. 

Prabowo lahir dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo, yang dikenal sebagai begawan ekonomi Indonesia, dan Dora Marie Sigar. Dia merupakan salah satu dari empat anak Soemitro dan dia lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951.

Masa kecil Prabowo banyak dihabiskan di luar negeri. Dia sempat mengeyam pendidikan dasar untuk 3 tahun di Victoria Institution, Kuala Lumpur kemudian ke Sekolah Menengah di Zurich International School, Zurich, Swiss, dan  tamatan SMA di American School, London.

Karir militer Prabowo terhenti ketika mertuanya, Soeharto, lengser dari kekuasaan pada 1998. Letnan Jenderal Purnawirawan ini dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia menjelang kejatuhan Soeharto tersebut.