Logo Bloomberg Technoz

Koalisi PDIP Resmi Usung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024

Pramesti Regita Cindy
18 October 2023 10:35

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Andrean Kristianto/Bloomberg Technoz)
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Andrean Kristianto/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi PDI Perjuangan resmi mengusung pasangan Ganjar-Mahfud MD di Pilpres 2024. Keputusan tersebut diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati bersama sejumlah partai koalisi di kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2024).

"Kini saya telah mengambil keputusan dengan bismilahirrohmanirrahim cawapres dipilih PDI Perjuangan akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD," kata Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP, Jakarta.

Deklarasi paket lengkap capres-cawapres dilakukan beberapa bulan setelah Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai bakal capres PDIP dan beberapa hari setelah MK memutuskan mengabulkan judicial review terkait Pasal 169 huruf q UU Pemilu tentang syarat batas usia calon presiden dan wakil presiden. 

Acara deklarasi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kemudian mengheningkan cipta tanpa iringan lagu. Kemudian para hadirin mengucapkan Pancasila secara bersama-sama.

Acara deklarasi dihadiri juga oleh seluruh pimpinan partai koalisi PDIP dan juga pimpinan Tim Pemenangan Ganjar Presiden (TPNGP), kader PDIP dan para relawan.