Logo Bloomberg Technoz

Upaya Israel Cari Dukungan Dunia Dibayangi Korban Tewas di Gaza

News
17 October 2023 19:00

Warga Palestina membersihkan puing-puing pasca serangan udara Israel di lingkungan Al-Amal, Jalur Gaza, Rabu (11/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina membersihkan puing-puing pasca serangan udara Israel di lingkungan Al-Amal, Jalur Gaza, Rabu (11/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Ethan Bronner - Bloomberg News

Bloomberg, Setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh pada Minggu (15/10/2023), keduanya menggunggah foto serupa tetapi dengan deskripsi yang berbeda. 

Blinken mengatakan mereka berbicara tentang "serangan teroris Hamas terhadap Israel" dalam unggahannya di X. Sementara itu, Putra Mahkota mengatakan mereka mencari cara "untuk menghentikan operasi militer yang telah merenggut nyawa orang-orang tak berdosa," dalam referensi terhadap pengeboman Israel di Gaza.

Ketidaksesuaian ini tidak hanya terjadi pada pihak Saudi. Hanya sedikit pemerintah di wilayah tersebut yang secara terbuka mengutuk pembantaian Hamas pada 7 Oktober terhadap 1.300 orang Israel. Sebaliknya, fokus sebagian besar dunia telah beralih ke korban warga sipil di Gaza, di mana serangan udara Israel telah menewaskan lebih dari 3.000 orang. 

Bahkan, sekutu seperti Amerika Serikat dan Inggris secara publik telah meminta Israel untuk melindungi warga sipil ketika mereka bersiap untuk invasi darat besar-besaran.