Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas Beri Sinyal Blok IDD Bisa Onstream Sebelum 2027

Sultan Ibnu Affan
17 October 2023 17:10

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berharap proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) dapat onstream sebelum 2027, setelah mangkrak sekitar 1 dekade.

Dalam kaitan itu, Kepala SKK Migas Twi Soetjipto mengatakan sampai dengan saat ini SKK Migas belum menerima revisi rencana pengembangan atau plan of development (POD) Blok IDD dari perusahaan migas Italia, Eni S.p.A.

“Mungkin [dalam revisi POD tersebut] ada [perubahan nilai investasi] kalau skenario [pengembangannya] berubah. Namun, menariknya adalah, mereka [Eni] akan mempercepat proyek ini,” ujarnya saat ditemui, Selasa (17/10/2023).

Dengan demikian, dia menilai masih ada kemungkinan pengelolaan Blok IDD bisa lebih cepat dari 2027. “Ya at least proyeknya akan dipercepat dari yang biasanya,” ujarnya, meski belum bersedia membeberkan berapa nilai investasi yang disiapkan Eni untuk blok tersebut.

Ketidakjelasan proyek IDD berawal dari hengkangnya Chevron yang mengantongi 63% hak partisipasi atau participating interest (PI) di proyek tersebut. Proyek tersebut dilepas lantaran dianggap tidak dapat bersaing dalam portofolio global Chevron.