Logo Bloomberg Technoz

Jejak Nadiem Makarim di Saham GOTO

Mis Fransiska Dewi
17 October 2023 12:36

Mendikbudristek Nadiem Makarim (Humas Setkab/Rahmat)
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Humas Setkab/Rahmat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nadiem Makarim juga adalah pendiri Gojek, yang kemudian melebur bersama Tokopedia menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Namanya kembali mencuat di tengah ramainya isu penjualan saham GOTO oleh pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya.

Jika William Tanuwijaya masih punya saham secara langsung, lantas apakah Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini masih memiliki saham GOTO?

Menilik ke belakang, dalam prospektus initial public offering (IPO) GOTO disebutkan jika Nadiem Makarim adalah pemilik 522,05 juta saham PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Dulu, perusahaan ini merupakan pengelola aplikasi Gojek sebelum merger dengan Tokopedia.

Barulah pada 2021, keduanya merger yang diikuti dengan perubahan nama yang masih digunakan sampai saat ini, GoTo Gojek Tokopedia.

Usai merger, struktur pemegang saham GOTO berubah. Sudah tidak ada nama Nadiem Makarim lagi dalam struktur terbaru ini. Struktur pemegang saham itu juga yang masih dipakai hingga perhelatan IPO.