Logo Bloomberg Technoz

Harapan SEC Setujui ETF Bitcoin Lambungkan Harga US$30.000 Sesaat

News
17 October 2023 13:25

Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Sunil Jagtiani - Bloomberg News

Bloomberg,  Lompatan harga Bitcoin sekitar 10% pada Senin waktu Amerika memberikan gambaran pada trader bahwa terdapat sinyal atas rencana putusan Komisi Sekuritas & Bursa AS  (Securities & Exchange Commission), apakah menyetujui investasi lewat exchange-traded fund (ETF) ataupun sebaliknya.

Token digital sempat merespon atas laporan palsu bahwa ada persetujuan ETF BlackRock oleh regulator. Lompatan besar sempat terjadi pada level US$30.002, level tertinggi sejak Maret. Koreksi lantas terjadi usai BlackRock memberi klarifikasi bahwa proposal ETF mereka masih dalam peninjauan.

Meski terkoreksi Bitcoin tetap unggul sekitar 4,4% lebih tinggi dalam sesi yang sama. Perusahaan  manajer investasi terbesar di dunia itu satu di antara banyak entitas yang menawarkan ETF Bitcoin spot AS pertama di tengah ekspektasi bahwa SEC akan segera mengakhiri periode pengekangan atas produk ini.

Efek dari isu ETF Bitcoin selalu mengejutkan pergerakan harga dalam satu tahun terakhir. (Dok: Bloomberg)

Pihak yang optimis menyatakan bahwa produk ini dapat  membantu mengintensifkan adopsi mata uang kripto lebih luas.  “Ini seperti uji coba untuk apa yang akan terjadi jika hal-hal ini benar-benar disetujui,” kata  James Seyffart, analis Bloomberg Intelligence ETF.  “Ini pada dasarnya memberi para trader sebuah acuan.”