Logo Bloomberg Technoz

Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga kembali ke Israel untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah berbicara dengan pemerintah-pemerintah Arab. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berbicara via telepon dengan pemimpin-pemimpin Mesir, Suriah, Iran, dan otoritas Palestina.

Mengenai pembicaraan tersebut, Kremlin mengatakan ada "Pendapat yang bulat" tentang perlunya gencatan senjata. Dia juga berbicara secara terpisah dengan Netanyahu.

Dari dalam negeri, secara politik, ketidakpastian makin berlanjut setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) meloloskan ketentuan kontroversial yang memberi peluang bagi anak Presiden Joko Widodo untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) ataupun Calon Wakil Presiden (Cawapres). 

Sore kemarin masyarakat Indonesia dihebohkan dengan keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi yang meloloskan gugatan uji materi Pasal 169 huruf q Undang-undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) yang diajukan oleh dua orang mahasiswa bernama Arkan Wahyu dan Almas Tsaqibbirru. 

"Berusia paling rendah 40 tahun; atau pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah," kata Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga kebetulan merupakan saudara ipar Presiden Joko Widodo.

Dengan bahasa lebih ringkas, keputusan MK itu memberi karpet merah bagi Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Jokowi, yang membuat konstelasi perpolitikan semakin dinamis dengan semakin dekatnya masa pendaftaran pasangan capres-cawapres mulai 18 Oktober nanti.

(fad)

No more pages