Logo Bloomberg Technoz

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Presiden Joe Biden mempertimbangkan perjalanan ke Israel sebagai bagian dari upaya untuk mencegah perang meluas.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga kembali ke Israel untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah berbicara dengan pemerintah-pemerintah Arab. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berbicara via telepon dengan pemimpin-pemimpin Mesir, Suriah, Iran, dan otoritas Palestina.

Mengenai pembicaraan tersebut, Kremlin mengatakan ada "Pendapat yang bulat" tentang perlunya gencatan senjata. Dia juga berbicara secara terpisah dengan Netanyahu.

Tim Research Phillip Sekuritas Indonesia memaparkan, di tengah kecemasan mengenai eskalasi kekerasan di Gaza dan prospek konflik antara Israel dan Hamas dapat menyebar lebih luas lagi.

“Lebih dari satu juta orang telah mengungsi dari jalur Gaza minggu lalu menjelang dimulainya invasi darat militer Israel untuk mengeliminasi kepemimpinan Hamas,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

Dari regional, Bank Sentral China (PBOC) menyuntikkan secara dana segar 289 miliar Yuan (US$39,6 miliar) ke dalam sistem perbankan, yang merupakan angka terbesar sejak Desember 2020 melalui fasilitas pinjaman jangka menengah atau MLF (Medium-term Lending Facility) dan mempertahankan suku bunga MLF di 2,50% sesuai ekspektasi pasar.

Di Jepang, Industrial Production turun 0,7% mtm (-4,4% yoy) pada Agustus dari perhitungan awal 0%, dan setelah anjlok 1,8% mtm (-2,3% yoy) di bulan Juli. Ini adalah penurunan Industrial Production selama dua bulan berturut-turut dan menandakan kontraksi keempat sejak awal tahun ini, tertekan oleh penurunan produksi kendaraan bermotor.

Dari dalam negeri, secara politik, ketidakpastian makin berlanjut setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) meloloskan ketentuan kontroversial yang memberi peluang bagi anak Presiden Joko Widodo untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) ataupun Calon Wakil Presiden (Cawapres). 

Sore kemarin masyarakat Indonesia dihebohkan dengan keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi yang meloloskan gugatan uji materi Pasal 169 huruf q Undang-undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) yang diajukan oleh dua orang mahasiswa bernama Arkan Wahyu dan Almas Tsaqibbirru. 

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. (Dok. Wahana Mediatama)

"Berusia paling rendah 40 tahun; atau pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah," kata Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga kebetulan merupakan saudara ipar Presiden Joko Widodo.

Dengan bahasa lebih ringkas, keputusan MK itu memberi karpet merah bagi Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Jokowi, yang membuat konstelasi perpolitikan semakin dinamis dengan semakin dekatnya masa pendaftaran pasangan capres-cawapres mulai 18 Oktober nanti.

Adapun, analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memaparkan, IHSG terkoreksi 0,4% ke 6,896 disertai dengan meningkatnya volume penjualan, pergerakannya pun sudah berada di bawah MA-60.

“Cermati area support berikutnya yang berada di 6.839, apabila IHSG break area tersebut maka IHSG terkonfirmasi sedang berada pada bagian dari wave c dari wave (ii). Hal tersebut akan membawa IHSG ke rentang area 6.747-6.820 sebagai target koreksi berikutnya,” papar Herditya dalam risetnya pada Selasa (17/10/2023).

Bersamaan dengan risetnya, Herditya merekomendasikan saham-saham berikut ADRO, ANTM, CPIN dan SMGR.

Kemudian, Analis Phintraco Sekuritas memaparkan, IHSG berpotensi uji support 6.875 pada perdagangan hari ini.

“Bersamaan dengan pelemahan Senin (16/10) Stochastic RSI membentuk death cross di overbought area. Pelemahan diikuti kenaikan volume transaksi. Dengan demikian, IHSG masih rawan terhadap potensi pelemahan lanjutan ke kisaran support 6.875 di Selasa (17/10),” tulisnya.

Melihat hal tersebut, Phintraco merekomendasikan speculative buy di saham-saham unggulan MBMA, INDF, MIKA dan saham energi seperti ADRO, ADMR dan HRUM.

(fad)

No more pages