Logo Bloomberg Technoz

Apakah Gibran Jadi Cawapres, Semua Ada di Tangan Prabowo

Mis Fransiska Dewi
16 October 2023 22:55

Gibran Rakabuming Raka. (imas Ardian/Bloomberg)
Gibran Rakabuming Raka. (imas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti pusat riset politik Badan Riset dan Inovasi (BRIN), Firman Noor mengatakan masih terlalu dini jika terdapat penilaian bahwa Gibran Rakabuming Raka akan mendampingi Prabowo Subianto dalam kontestasi pemilu pilpres tahun depan.

Menurutnya partai koalisi yang dipimpin Partai Gerindra juga masih punya calon-calon lain, seperti Erick Thohir, Menteri BUMN ataupun Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. Faktor penentu adalah pada Prabowo.

“Untuk mendapatkan calon wapres yang lain, selain Erick, Khofifah, ini bola ada di prabowo, apakah akan gunakan kesempatan ini angkat Gibran sebagai (ca)wapres atau masih pikir-pikir dulu karena harus dihitung untung rugi,” kata Firman saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Senin (16/10/2023) malam.

Menurut Firman figur cawapres harus dipertimbangkan secara matang. Banyak variabel yang harus diperhitungkan. “Tahun depan belum tentu menang, langkah ini dianggap segitu mulusnya, nggak lah. Masih harus diperbincangkan, beneran Gibran atau tidak,” papar dia.

Hasil survei Gibran yang relatif lebih kecil dari kandidat cawapres lain, dapat menjadi pertimbangkan. Misalkan Erick jauh mengungguli posisi Gibran dalam jajak pendapat, kata Firman.