Logo Bloomberg Technoz

Respons UNTR Soal Akuisisi Tambang Emas Peter Sondakh Archi

Mis Fransiska Dewi
16 October 2023 17:00

United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)
United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), PT United Tractors Tbk (UNTR), buka suara terkait rumor rencana akuisisi penambang emas PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), yang merupakan entitas Rajawali Corpora, perusahaan yang dimiliki oleh Peter Sondakh.

Corporate Secretary UNTR Sara K. Loebis mengatakan, pihaknya belum memiliki informasi terkait rencana tersebut. "Tidak ada informasi yang sampai ke saya," ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Senin (16/10/2023).

Seperti diketahui, beredar informasi soal ARCI yang tengah bekerja sama dengan penasihat keuangan mengenai potensi divestasi tersebut. Namun, perusahaan masih tetap akan mempertahankan sebagian porsi kepemilikan.

Dilansir dari Bloomberg, Rajawali, yang memiliki sekitar 85% saham ARCI, sedang mengincar valuasi sekitar US$1 miliar untuk entitas usahanya tersebut melalui sebuah kesepakatan, kata salah satu sumber.

Perwakilan Archi mengatakan mereka tidak memiliki informasi mengenai kesepakatan tersebut karena ini merupakan urusan pemegang saham, sementara perwakilan Rajawali tidak menanggapi permintaan komentar melalui telepon dan surel.