Logo Bloomberg Technoz

Pakai Roket SpaceX, NASA Selidiki Asteroid Kaya Logam

News
16 October 2023 16:00

Roket milik SpaceX, Falcon Heavy tengah bersiap membawa pesawat antariksa milik NASA dengan rute Psyche. (Dok: Bloomberg)
Roket milik SpaceX, Falcon Heavy tengah bersiap membawa pesawat antariksa milik NASA dengan rute Psyche. (Dok: Bloomberg)

Loren Grush—Bloomberg News

Bloomberg, Pesawat antariksa NASA, Psyche, telah diluncurkan Jumat minggu lalu dengan menggunakan roket milik SpaceX, Falcon Heavy. Tujuan NASA kali ini menemukan asteroid baru yang kaya akan logam yang digunakan guna mendapatkan informasi mengenai inti berbatu Bumi. 

Roket mengudara dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 10:19 pagi waktu setempat. Ini menjadi kali pertama NASA menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, dalam misi ilmu pengetahuan antarplanet yang besar. Roket peluncur Falcon Heavy bagian samping telah mendarat di landasan di area SpaceX pasca lepas landas.

Pesawat antariksa Psyche terpisah dari roket sekitar satu jam setelah peluncuran. Sesaat kemudian antariksa robotik Psyche berada di jalur yang tepat untuk bertemu dengan target asteroid dalam waktu hampir enam tahun.

Sesampainya di sana, pesawat ini akan mengorbit batuan antariksa yang kaya akan logam itu selama lebih dari dua tahun. Dengan instrumen misi mereka adalah menganalisa komposisi objek tersebut.