Logo Bloomberg Technoz

Usai dari China, Jokowi dan rombongan akan terbang ke Arab Saudi. Di sana, dia akan melakukan sejumlah pertemuan dengan putra mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman. Jokowi juga akan mengikuti pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama ASEAN-Dewan Negara Teluk (GCC).

"Akan dibahas sejumlah kerja sama ekonomi dan investasi, pengembangan produk halal, dan energi," kata Jokowi.

Presiden meninggalkan wilayah Indonesia di saat dinamika politik diperkirakan meningkat usai MK membacakan putusan uji materi UU Pemilu. Mahasisa dan aktivis tercatat akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung MK, sebagai protes jika lembaga penjaga marwah kontitusi tersebut justru mengabulkan gugatan yang disebut akan menjadi jalan bagi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pada Pemilu 2024. Wali kota Solo ini disebut akan dipinang Prabowo Subianto dalam Koalisi Indonesia Maju.

MK tercatat akan membacakan putusan terhadap tujuh uji materi UU Pemilu. Tiga di antaranya menggugat Pasal 169 huru q yang berbunyi, "Persyaratan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden adalah berusia paling rendah 40 (empat puluh) tahun". 

Gugatan pertama berasal dari PSI yang meminta MK menurunkan batas usia minimal dari 40 menjadi 35 tahun. Sedangkan dua gugatan lainnya berasal dari Partai Gerindra dan Partai Garda -- anggota KIM-- yang meminta MK menambahkan klausul capres dan cawapres boleh di bawah 40 tahun asal pernah menjadi kepala daerah atau penyelenggara negara.

(frg)

No more pages