Logo Bloomberg Technoz

Langkah itu, menurut dia, akan menjadikan sebuah negara merdeka di samping Israel bagi 5 juta warga Palestina yang tinggal di Gaza dan di Tepi Barat Sungai Yordan.

Di wawancara itu, Biden juga menilai Israel belum akan menerapkan solusi itu. “Tidak sekarang. Tidak sekarang. Tidak sekarang, tapi-- tapi saya pikir Israel memahami bahwa sebagian besar rakyat Palestina tidak memiliki pandangan yang sama dengan Hamas dan Hizbullah.”

Hizbullah adalah kelompik milisi Islam yang kuat di utara Israel yang dipersenjatai dan dilatih oleh Iran. Begitu pula dengan Hamas.

Di samping itu, Bloomberg News melaporkan bahwa Biden sedang mempertimbangkan kunjungan ke Israel setelah diundang via telepon oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Rencana ini ini diungkap oleh dua sumber yang mengetahui diskusi internal tersebut. Meski demikian, sejauh ini, belum ada keputusan yang diambil soal rencana itu.

Adrienne Watson, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan bahwa belum ada pengumuman kunjungan untuk diumumkan saat ini oleh Gedung Putih.

Sementara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dijadwalkan kembali berkunjung  ke Israel pada Senin (16/10/2023) untuk kedua kalinya sejak serangan kelompok militan Palestina, Hamas berlangsung.

Kunjungan itu guna mengkoordinasikan upaya-upaya respons militer, serta upaya kemanusiaan di Gaza.

--Dengan asistensi Jennifer Jacobs dan Justin Sink

(bbn)

No more pages