Logo Bloomberg Technoz

AS Peringatkan Iran untuk Tak Terlibat di Perang Israel-Hamas

News
16 October 2023 05:48

Bangunan hancur usai serangan rudal Israel di distrik Rimal Kota Gaza, Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Bangunan hancur usai serangan rudal Israel di distrik Rimal Kota Gaza, Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Justin Sink - Bloomberg News


Bloomberg, Pemerintah Amerika AS telah melakukan pembicaraan dengan Iran dalam beberapa hari terakhir. Mereka memperingatkan negara tersebut agar tidak meningkatkan konflik pada perang Israel-Hamas. Sebelumnya, Iran memang mengancam akan cawe-cawe jika pasukan Israel melanjutkan serangan darat di Jalur Gaza dengan dalih balasan atas serangan mendadak Hamas, pekan lalu.

"Kami memiliki sarana untuk berkomunikasi secara pribadi dengan Iran, dan kami telah memanfaatkan sarana-sarana tersebut selama beberapa hari terakhir untuk menjelaskan secara pribadi apa yang telah kami sampaikan secara publik," kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan acara Face the Nation di CBS News, Minggu (15/10/2023).

Sullivan mengatakan, AS menilai Iran mungkin akan mengintervensi konflik ini. Teheran diprediksi tengah menghitung sejauh mana keterlibatan negara tersebut dalam perang Israel-Hamas, termasuk kelompok Hizbullah di perbatasan Lebanon. 

Sabtu lalu, AS sendiri telah mengumumkan Kapal induk USS Eisenhower akan bergerak menuju Mediterania Timur. Mereka mengklaim hal tersebut sebagai bagian dari upaya pencegahan perluasan perang.