Logo Bloomberg Technoz

Beli Rumah di Amerika Kian Tak Terjangkau, Lebih Murah Menyewa

News
15 October 2023 13:40

Perumahan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Perumahan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Paulina Cachero - Bloomberg News

Bloomberg, Semakin sulit untuk membeli rumah bagi orang Amerika.

Di pasar perumahan AS yang harganya mahal seperti di Los Angeles, Honolulu, Seattle, San Jose dan San Francisco, biaya membeli dibandingkan menyewa rumah terus meningkat, menurut Zillow Group Inc. Di wilayah metro San Jose California, misalnya, di mana rumah-rumah pada umumnya harganya berkisar US$ 1,4 juta, pembeli dengan uang muka 10% menghadapi pembayaran cicilan bulanan sebesar US$ 8.771, lebih mahal sekitar US$ 5.000 dibandingkan biaya sewa bulanan.

Bunga acuan yang terus naik menerbangkan biaya pembelian rumah dengan hipotek (Bloomberg)

Di seluruh AS, sewa bulanan lebih murah US$ 81 pada bulan Agustus dibandingkan pembayaran hipotek bulanan atas rumah yang dijual dengan hipotek 30 tahun, dengan asumsi uang muka 10% dan tingkat bunga 7,18% untuk rumah yang terdaftar dengan harga sekitar US$ 350,000. Ini adalah kesenjangan data terbesar secara nasional sejak tahun 2015, dengan melonjaknya biaya pinjaman sehingga membeli rumah menjadi lebih mahal, bahkan sebelum memperhitungkan pajak, asuransi, dan biaya pemeliharaan.

Secara historis, mereka yang mampu membayar biaya di muka untuk membeli rumah – termasuk uang muka atau biaya penutupan – dapat mendapatkan tagihan perumahan bulanan yang lebih murah dibandingkan penyewa. Hal ini berubah untuk pertama kalinya pada September 2022, menurut data Zillow.