Logo Bloomberg Technoz

Buntut Korupsi SYL, NasDem Pertimbangkan Somasi Pimpinan KPK Alex

Sultan Ibnu Affan
14 October 2023 19:30

Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai NasDem mempertimbangkan untuk melayangkan somasi kepada Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata imbas penyataannya yang mencurigai adanya aliran uang korupsi kadernya, eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke partai.

"Kami akan mempertimbangkan untuk somasi Pak Alex Marwata dengan ucapannya. Kami mempertimbangkan," ujar Bendahara DPP NasDem Ahmad Sahroni dalam konferensi pers di NasDem Tower, Sabtu (14/10/2023).

Sahroni menilai, pertimbangan itu dilakukan lantaran ucapan Alex dinilai seolah-olah partai NasDem memerintahkan SYL untuk melakukan korupsi. Hal ini dianggap merugikan nama baik partai.

"Kami sudah rugi dihadapan publik, seolah-olah partai kami ini adalah partai yang korupsi yang diduga disebutkan secara terbuka oleh Pimpinan KPK, yaitu Pak Alex."

Sebelumnya, KPK mengumumkan indikasi adanya aliran duit hasil saweran korupsi di Kementerian Pertanian ke NasDem merujuk pada laporan hasil analisis Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (LHA PPATK) terhadap rekening bank milik SYL dan orang yang berkaitan.