Logo Bloomberg Technoz

Kode Empat Daerah Asal Bakal Cawapres Prabowo Subianto

Sultan Ibnu Affan
14 October 2023 07:30

Pertemuan Prabowo Subianto bersama dengan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Pertemuan Prabowo Subianto bersama dengan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prabowo Subianto mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah mengerucutkan bakal calon wakil presiden (cawapres) ke empat nama tokoh yang berasal dari daerah berbeda. Sebagai calon presiden (capres) dan Ketua Umum Partai Gerindra, dalam waktu dekat, dia dan seluruh ketua umum partai koalisi akan berembuk menentukan nama pendampingnya pada Pemilu 2024. 

"Kita akan kumpul [kembali], dan beberapa hari lagi untuk memutuskan yang terakhir dari 4 menjadi 1," ujar Prabowo dalam konferensi pers usai bertemu dengan ketum parpol koalisi di Kediamannya, Kertanegara VI, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo didampingi para ketua umum partai koalisi yaitu Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum Partai Gelora Anis Matta, Ketum Partai Prima Agus Jabo, dan Ketum Partai Garda Ahmad Ridha Sabana. Dia mengklaim, para ketum akan menentukan pilihan sebelum akhir masa pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19-25 Oktober 2023.

"Empat nama yang bisa sampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur."

Nama bakal cawapres Prabowo dari Jawa Tengah diduga putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka. Nama wali kota Solo ini semakin santer seiring kedekatan antara Jokowi dan Prabowo dalam sejumlah kegiatan kenegaraan dan politik. Keberadaan Gibran akan semakin mempersolid kekuatan suara pendukung Jokowi kepada Prabowo usai putra bungsu, Kaesang Pangarep sebagai Ketum Partai Solidaritas Indonesia mengumpulkan relawan Jokowi dan bersiap merapat ke KIM.