Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian, kata dia, penyidik tetap melakukan gelar perkara untuk memperjelas konstruksi hukum pada dugaan kasus pidana tersebut. Polisi hanya menghentikan proses pemeriksaan dan tindakan hukum lainnya seperti penggeledahan, penyitaan, penetapan status tersangka, hingga penangkapan.

“Namun demikian, itu juga akan kita putuskan melalui dengan hasil gelar perkara maupun hasil dari perkembangan di lapangan nantinya,” kata dia.

Salah satu kasus terbaru yang akan dibekukan sementara adalah laporan dugaan pidana penganiayaan yang dilakukan mantan Ketua DPD Kota Semarang Partai Gerindra, Joko Santoso. Dia diduga melakukan kekerasan terhadap seseorang yang juga tercatat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kasus ini mencuat usai viral sebuah rekaman CCTV di Jalan Cumi-cumi, Kampung Bandarharjo, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2023). Rekaman tersebut diklaim berisi tindak kekerasan Joko Santoso pada seorang kader PDIP.

“Penyidik sedang berkoordinasi dengan KPU apakah yang bersangkutan ini terdaftar sebagai caleg. Jika tidak, kasus ini akan dilanjutkan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Stefanus Satake.

(frg)

No more pages