Logo Bloomberg Technoz

Peringatan Keras Menlu Iran Jika Israel Gempur Gaza Lagi

News
13 October 2023 18:10

Masyarakat di Kota Gaza mengungsi pada Minggu pasca pecah konflik Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)
Masyarakat di Kota Gaza mengungsi pada Minggu pasca pecah konflik Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)

Patrick Sykes - Bloomberg News

Bloomberg,  Menteri Luar Negeri Iran mengatakan ada kemungkinan serangan baru dari militan yang didukung oleh Iran dalam perang Israel melawan Hamas jika blokade terhadap Gaza dan "kejahatan perang" terus berlanjut. Pernyataan tersebut menandakan potensi perluasan konflik.

"Tentu saja ada kemungkinan yang akan diambil oleh aliran perlawanan lainnya jika kasus kejahatan perang dan blokade kemanusiaan di Gaza dan Palestina berlanjut," kata Hossein Amirabdollahian kepada wartawan di Lebanon ketika ditanya tentang kemungkinan front kedua.

Iran menggambarkan jaringan kelompok bersenjata anti-Israel yang didukungnya di seluruh wilayah, termasuk Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon, sebagai "poros perlawanan" terhadap pendudukan Israel.

Warga Palestina membersihkan puing-puing pasca serangan udara Israel di lingkungan Al-Amal, Jalur Gaza, Rabu (11/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

"Berlanjutnya kejahatan perang terhadap Palestina dan Gaza pasti akan dihadapi dengan reaksi dari pihak lain di wilayah ini," kata Amirabdollahian.