Logo Bloomberg Technoz

Menengok Lagi Kesiapan WHOOSH Jelang Layani Penumpang Berbayar

Dovana Hasiana
13 October 2023 14:10

Penumpang ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Stasiun KCIC Tegalluar, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Penumpang ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Stasiun KCIC Tegalluar, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama ‘WHOOSH’ telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin (2/10/2023).

Bloomberg Technoz menjajal Kereta Api WHOOSH pada saat sebelum diresmikan, Jumat (15/9/2023) dan setelah diresmikan, pada hari ini, Jumat (13/10/2023). Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat beberapa perbedaan yang signifikan dari WHOOSH, mulai dari stasiun hingga penggunaan tiket.

1. Perkembangan Stasiun 

Berdasarkan pantauan pada Stasiun Halim, terdapat beberapa perubahan signifikan, yaknin mulai muncul lebih banyak brand atau merchant yang akan membuka toko di Stasiun Halim. Hal ini terlihat dari spanduk yang dipasang, terdapat brand seperti Kopi Kenangan, Bakso A Fung, dan Legenda Kopitiam.

Bahkan, terdapat toko-toko makanan dan minuman yang telah dibuka di Stasiun Halim, di antaranya Rasa Rasa, Es Goyang Kampoeng, dan sebagainya. Beberapa penumpang yang menjajal KA WHOOSH secara gratis melalui Whoosh Experience Program pada hari ini juga terlihat menyantap makanan sebelum menaiki kereta. Namun, masih terdapat tangga scaffolding besi yang berada di Stasiun Halim pada hari ini. 

Sejumlah merchant di Stasiun Halim, Jakarta Timur. (Bloomberg/Dovana Hasiana).

Berbeda dengan sebelum diresmikan, Stasiun Halim LRT Jabodebek sudah beroperasi dan melayani naik-turun penumpang. Sehingga penumpang bisa mengakses Stasiun Halim KA WHOOSH melalui LRT Jabodebek.