Logo Bloomberg Technoz

Israel Pakai Bom Fosfor Putih, Warga Bisa Cedera Seumur Hidup

Ghina Ghaliya Quddus
13 October 2023 13:20

Warga mencari puing bangunan yang hancur usai serangan udara Israel di lingkungan Al-Amal, Jalur Gaza, Rabu (11/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga mencari puing bangunan yang hancur usai serangan udara Israel di lingkungan Al-Amal, Jalur Gaza, Rabu (11/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Gaza - Lembaga hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch (HRW) mengatakan penggunaan bom fosfor putih oleh Israel dalam operasi militer di Gaza dan Lebanon telah menempatkan warga sipil pada risiko cedera serius seumur hidup.

HRW pun memverifikasi video yang diambil di Lebanon dan Gaza pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2023, yang menunjukkan beberapa ledakan udara dari fosfor putih yang ditembakkan artileri di atas pelabuhan Kota Gaza dan dua lokasi pedesaan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

HRW juga mewawancarai dua orang yang menggambarkan serangan di Gaza.

Menurut lembaga ini, bom fosfor putih memiliki efek pembakar yang signifikan yang dapat membakar orang dengan parah dan membakar bangunan, ladang, dan benda-benda sipil lainnya di sekitarnya.

"Setiap kali [bom] fosfor putih digunakan di daerah padat penduduk, itu menimbulkan risiko tinggi luka bakar yang luar biasa dan penderitaan seumur hidup," kata Lama Fakih, direktur Timur Tengah dan Afrika Utara di HRW dalam keterangan tertulis di situs webnya.