Logo Bloomberg Technoz

Cak Imin Sebut IKN Keniscayaan Jadi Harus Dilanjutkan

Pramesti Regita Cindy
12 October 2023 14:40

Ketua PKB sekaligus bakal cawapres Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua PKB sekaligus bakal cawapres Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar menyatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus jalan terus. Hal itu kata dia akan dilakukan bila pihaknya yakni pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) menang di Pilpres 2024 mendatang.

"Memang alhamdulillah bisa tumbuh pembangunan fisiknya hingga 40% dan itu terus berjalan melalui APBN kita. Dan harapan atau keinginan kita agar investor segera masuk itu juga menentukan masa depan IKN kita," kata Muhaimin Iskandar dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz di kediamannya di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

"Ya betul (IKN harus lanjut)," kata dia lagi soal perlunya keberlanjutan pembangunan IKN agar pusat pertumbuhan tidak hanya di Jawa.

Muhaimin yang juga Wakil Ketua DPR itu mengatakan, IKN adalah sebuah keniscayaan karena ada tiga alasan di baliknya. Pertama, pemerataan pembangunan di daerah tengah hingga timur. Kedua, pembangunan lapangan pekerjaan yang besar. Ketiga, pembangunan pertumbuhan ekonomi yang baru. Dia mengatakan, jika IKN sudah terbangun maka ada pusat ekonomi baru dan akan banyak tenaga kerja yang terserap. Rakyat Indonesia membutuhkan pekerjaan dengan bonus demografi yang cukup besar.

"IKN ini termasuk cara yang tepat," imbuhnya.