Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Penyaluran Rice Cooker Gratis Tak Diserahkan ke PLN

Sultan Ibnu Affan
12 October 2023 13:30

Ilustrasi rice cooker atau penanak nasi./dok. Tokopedia
Ilustrasi rice cooker atau penanak nasi./dok. Tokopedia

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan hibah alat masak berbasis listrik (AML) atau rice cooker tidak akan didistribusikan oleh PT PLN (Persero).

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan ada tiga hal yang tengah dipersiapkan pemerintah sebelum mulai menyalurkan bantuan rice cooker kepada 500.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

Tiga hal tersebut mencakup suplai, penerima, serta proses distribusinya. Semua aspek tersebut, lanjut Dadan, tengah dimatangkan dan dipersiapkan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Kementerian ESDM.

“[Untuk distribusi] kalau menurut saya sih enggak [diserahkan kepada PLN]. Namun, silakan saja dilihat permen [peraturan menterinya], kalau memang seperti itu,” ujarnya saat ditemui di kantor ESDM, dikutip Kamis (12/10/2023).

Kebijakan hibah rice cooker yang dimaksud termaktub di dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 11/2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) bagi Rumah Tangga.