Logo Bloomberg Technoz

Kuota Dikurangi, ESDM Akan Revisi Anggaran Hibah Rice Cooker

Sultan Ibnu Affan
12 October 2023 13:10

Ilustrasi Rice Cooker. (Envato/ilonadesperada)
Ilustrasi Rice Cooker. (Envato/ilonadesperada)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan alokasi anggaran program bantuan alat penanak nasi atau rice cooker senilai Rp347,5 miliar kemungkinan akan dievaluasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan hal itu disebabkan lantaran anggaran yang sebelumnya diajukan oleh Kementerian ESDM memang berjumlah Rp347,5 miliar, tetapi nilai itu ditujukan untuk penyaluran 680.000 unit rice cooker bagi kerluarga miskin.

Namun, belakangan pengadaan rice cooker untuk program hibah tersebut dikurangi menjadi hanya 500.000 unit, sedangkan anggarannya tidak ikut berkurang alias tetap Rp347,5 miliar. Untuk itu, Dadan mengatakan saat ini anggaran untuk program hibah rice cooker akan direvisi. 

"Kita lihat angka Rp347,5 miliar itu kan anggaran total, ya. Anggaran itu belum terpakai," ujar Dadan saat ditemui di kantornya, dikutip Kamis (11/10/2023).

Seiring dengan perubahan alokasi rice cooker yang dibutuhkan untuk bantuan, Dadan menyebut pagu anggaran yang ditetapkan sebelumnya kemungkinan besar akan direvisi.