Logo Bloomberg Technoz

Upaya Keras China Redam Kejatuhan Bursa, Kerahkan SWF

News
12 October 2023 11:10

Ilustrasi Bursa Saham China (Sumber: Qilai Shen/Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Saham China (Sumber: Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pengelola dana abadi negara (sovereign wealth fund/SWF) China menambah kepemilikan saham pada bank-bank besar di negara tersebut untuk pertama kalinya sejak 2015. Hal ini memicu spekulasi pemerintah sedang melakukan upaya intensif untuk menopang pasar saham yang sedang merosot.

Central Huijin Investment Ltd, yang merupakan perusahaan milik negara membeli sekitar US$65 juta saham Bank of China Ltd, Agricultural Bank of China Ltd, China Construction Bank Corp dan Industrial and Commercial Bank of China Ltd, berdasarkan data yang dilaporkan, Rabu (11/10/2023). Huijin, sebuah unit dari China Investment Corp yang mengelola dana senilai US$1,4 triliun, berencana untuk meningkatkan kepemilikannya dalam enam bulan ke depan, menurut laporan tersebut. 

Ini membuat indeks CSI 300 naik 0,7% pada pukul 10:05 waktu setempat, Kamis (12/10/2023), dipimpin oleh saham-saham finansial.

Ilustrasi Bursa Saham China (Sumber: Qilai Shen/Bloomberg News)

Semakin banyak ekonom dan hedge fund China yang menyerukan kepada pemerintah untuk secara langsung mengintervensi dengan dana stabilisasi untuk membeli saham, sebuah langkah yang tidak pernah dilakukan oleh pihak berwenang sejak kejatuhan pasar tahun 2015.