Logo Bloomberg Technoz

Beberapa langkah berikut bisa kamu coba, meski tidak semua mungkin akan cocok karena berpulang dari kebiasaan aktivitas kamu.

Aktifkan Low Power Mode

Pilihan terbaik menghemat baterai adalah menggunakan Low Power Mode. Kamu bisa mengaturnya lewat Control Center pada menu ‘Battery’. Dengan demikian aktivitas background akan jauh berkurang dan melimitasi refresh rate, atau penghematan lain.

Matikan fitur Live Activities

Saran yang ditulis Macrumors salah satunya adalah tidak mengaktifkan Live Activities. Jika fitur ini aktif maka notifikasi akan secara otomatis muncul pada Lock Screen ataupun Dynamic Island.

Jika Live Activities tidak dipakai, mematikannya adalah tindakan terbaik. Atau, saat kamu merasa ini diperlukan secara parsial kamu bisa hanya mengaktifkan sebagian lewat menu pengaturan. Dynamic Island  juga bisa kamu atur agar tidak selalu aktif. Usap pada layar ke arah kiri.

Hapus widget yang tidak perlu

Pada iOS 17 Apple menyediakan widget bagi pengguna agar dapat merasakan layanan yang lebih interaktif. Namun widget pada Lock Screen, kembali meningkatkan konsumsi daya. Mode penghapusan widget bisa kamu bisa masuk pada layanan panduan dari iPhone.

Toko Ritel Apple Inc. (Dok: Bloomberg)

Voicemail tidak terpakai baiknya dinonaktifkan

iPhone memiliki fitur Live Voicemail dimana pengguna akan dibacakan layanan pesan suara secara realtime saat ada orang lain menghubungi namun tidak/belum terangkat. Voicemail akan muncul pada notifikasi di Lock Screen. Ini meningkatkan konsumsi daya hingga baterai lebih boros.

Kamu bisa matikan layanan dengan cara menuju Settings > Phone > Live Voicemail dan matikan notifikasinya.

Matikan AirDrop Sharing

iOS 17 untuk iPhone generasi terbaru ataupun watchOS 10.1 untuk Apple Watch. Di dalamnya terdapat fitur berbagai kontak lewat protokol tertentu milik Apple. Saat fitur ini selalu aktif, membuat baterai lebih boros.

Fitur ini juga terus berjalan saat dua iPhone berdekatan meskipun tidak diniatkan untuk berbagi kontak lewat fitur Proximity AirDrop Sharing. Untuk mematikan, pengguna dapat menuju Settings > General > AirDrop and toggle off "Bringing Devices Together."

Gunakan Peta Offline 

Apple menyediakan peta offline pada iOS 17. Efektif digunakan saat sinyal di suatu wilayah buruk dan pengguna sedang mencari lokasi lewat peta berbasis koneksi seluler.

Dengan memakaian peta offline, koneksi bisa dimatikan dan perintah pencarian lewat peta tetap bisa dilakukan. Ini menghemat baterai.

ilustrasi iPhone, smartphone milik Apple Inc. (Dok: Bloomberg)

Mode Haptic Keyboard Feedback

Mode ini membuat pengguna lebih merasakan pengalaman mengetik karena memunculkan getaran. Namun hal ini bisa menambahkan konsumsi daya. Jadi, jika tidak benar-benar berguna, matikan saja.

Matikan Always-On Display

Pemutakhiran pada iPhone hampir selalu diiringi dengan peningkatan daya, dan berujung pada boros atau tidaknya sebuah perangkat. Ini juga terjadi saat kamu tidak mengatur ulang mode default Always-On Display yang tersedia pada iPhone 15 Pro.

Mematikan Always-On Display memang secara langsung tidak bisa merasakan menu waktu, wallpaper, widget saat kondisi terkunci. Namun itu menghemat 1Hz refresh rate. Meski Apple menerapkan teknologi pintar supaya Always-On Display hanya aktif di kondisi tertentu, ini tetap membuat baterai lebih boros. Belum ada perhitungan baku berapa penghematan yang bisa dicapai.

Wallpaper non animasi

Ada pilihan penggunaan wallpaper animasi saat mode Lock Screen. Ini akan menguras baterai. Kalau ini menjadi perhatian kamu, lebih baik ganti menjadi wallpaper statik. Demikian halnya untuk wallpaper penunjuk cuaca, fitur penggantian foto setiap hari secara otomatis, ataupun wallpaper astronomy.

Aktifkan Focus Modes

Pengaturan dari Apple yang satu ini membuat lebih sedikit notifikasi muncul pada layar, hingga daya baterai bekerja secara efektif. Mode fokus ini memungkinkan kamu memilih aplikasi dan orang yang dapat mengirimi notifikasi dan kapan.

Pengaturan lazim dipakai saat jam kerja atau sedang mengemudi, dan dimatikan saat kondisi senggang. Focus Modes juga  memungkinkan kamu menyaring email, pesan, kalender, dan banyak lagi.

Batasi aplikasi akses koneksi Bluetooth

Akses Bluetooth kerap luput dari pengaturan pengguna. Pilih saja aplikasi yang perlu dengannya untuk melacak lokasi, scan perangkat jenis Chromecast, atau lainnya.

Makin banyak aplikasi yang terhubung pada Bluetooth akan membuat baterai lebih boros. Membuka akses hanya saat diperlukan adalah saran terbaik.

Batasi intensitas aplikasi dapat mengakses lokasi

Secara berkala pengguna memeriksa pengaturan privasi dan akses. Ini tidak hanya berlaku untuk iPhone 15 saja. Beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu mendapatkan akses matikan.

Membatasi aplikasi yang memiliki akses ke lokasi kamu dan seberapa sering aplikasi dapat mengakses data tersebut dapat menghemat masa pakai baterai.

(wep/roy)

No more pages