Logo Bloomberg Technoz

Puan Bertemu PM Jepang, Ajak Investasi di Proyek IKN Nusantara

Delia Arnindita Larasati
10 October 2023 22:10

Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Humas DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Humas DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

"Tentunya kami berharap Jepang dapat menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti di bidang otomotif, maupun dalam pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan," kata Puan berdasarkan keterangan tertulis Humas DPR pada Selasa (10/10/2023).

Puan juga mendorong komitmen perusahaan otomotif Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi, khususnya di sektor EV (Electric Vehicle) atau kendaraan listrik. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, hingga Oktober 2023 ada 11 perusahaan otomotif asal Jepang yang mendirikan pabrik perakitan kendaraan di Indonesia.

“Berbagai infrastruktur sudah dibangun yang membuat Indonesia dapat menjadi pusat produksi yang strategis di Asia," ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, Puan juga mengatakan perlunya hubungan kerja sama dalam bidang ekonomi antara Indonesia dan Jepang untuk memperkokoh hubungan diplomatik antara dua negara. Dia meyakini kerja sama Indonesia dan Jepang dapat memberikan dampak besar bagi perekonomian Asia.