Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Dorong Penghentian Perang Israel vs Hamas di Palestina

Pramesti Regita Cindy
10 October 2023 16:22

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta perang antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina segera dihentikan. Dia menilai, eskalasi konflik kedua kelompok tersebut berpotensi menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar.

"Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (10/10/2023).
 
Jokowi pun mengatakan, Indonesia mendorong penyelesaian konflik berkepanjangan di Jalur Gaza tersebut. Menurut dia, perang dan konflik panjang ini adalah dampak dari pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.

"Harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB," kata dia. 

Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Menlu) untuk segera mengambil tindakan cepat dalam melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) dari wilayah konflik Israel dengan Palestina. 

"Saya minta Menlu dan jajaran kementrian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik," ujar dia.