Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Klaim Stok Beras Aman, Penurunan Harga Masih Sekitar Jabar

Dovana Hasiana
10 October 2023 13:15

Pedagang beras melayani pembeli di Pasar Minggu, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang beras melayani pembeli di Pasar Minggu, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan stok beras nasional saat ini aman, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten. Namun dia mengakui bahwa terdapat daerah-daerah di Indonesia yang belum mengalami penurunan harga beras. 

Zulhas menyebut harga beras di Jakarta dan daerah sekitarnya seperti Jawa Barat sebagian sudah mengalami penurunan. Namun, harga beras di daerah yang jauh dari Jakarta belum mengalami penurunan. 

“Memang yang dekat-dekat seperti Jakarta dan Jawa Barat sebagian sudah turun, tapi yang jauh-jauh belum turun (harganya) tapi tidak naik lagi,” ujar Zulhas dalam keterangannya usai rapat melalui Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (9/10/2023)

Zulhas mengatakan dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, pemerintah membuka peluang untuk menambah pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) melalui impor. Namun, beras itu nantinya tidak langsung dikirim ke Indonesia, melainkan dikirim ketika dibutuhkan. 

“Tadi diputuskan kalau diperlukan, kita bisa beli lagi beras itu walaupun nanti belum tentu dibawa kemari. Jadi kalau ada kita beli, pada waktu diperlukan nanti baru diimpor,” ujar Zulhas.