Logo Bloomberg Technoz

AS Beri Peringatan ke Iran Tak Ikut Campur Konflik Israel-Hamas

News
10 October 2023 12:25

Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)
Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan bahwa tahap pertama dari paket bantuan keamanan untuk Israel sedang dalam proses dan bantuan tambahan akan segera diumumkan. Kirby menambahkan bahwa AS ingin melanjutkan diplomasi untuk menormalkan hubungan antara Arab Saudi dan Israel setelah serangan Hamas, yang mengobarkan ketegangan di Timur Tengah. 

Di Washington, Presiden Joe Biden mengatakan bahwa setidaknya 11 warga negara Amerika telah tewas, dan "kemungkinan" ada beberapa warga negara lain yang disandera oleh Hamas. Biden berencana untuk berbicara mengenai serangan-serangan tersebut pada hari Selasa.

Pasukan Israel melakukan serangan di Jalur Gaza dari udara serta laut dan jenderal tertinggi AS memperingatkan Iran untuk tidak ikut campur dalam pertempuran. 

Serangan-serangan terhadap Israel oleh kelompok militan Hamas, yang dimulai pada hari Sabtu, telah menewaskan lebih dari 900 warga Israel, sebagian besar adalah warga sipil. Sedikitnya 600 warga Palestina juga tewas.