Logo Bloomberg Technoz

KCIC Ancam Laporkan Penjual Tiket Gratis Kereta Cepat WHOOSH

Sultan Ibnu Affan
09 October 2023 20:50

Ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menempuh jalur hukum kepada sejumlah orang yang sengaja menjual tiket uji coba program WHOOSH Experience. Padahal, perusahaan patungan Indonesia-China tersebut memberikan tiket kereta cepat tak berbayar atau gratis.

"Maka dari itu, tentunya kita akan melakukan pelaporan secara hukum jika memang sudah ada terdapat pelaku tersebut," kata General Manager Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa saat ditemui awak media di Stasiun KA Cepat Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).

Hingga saat ini, dia mengklaim belum menemukan pelanggaran dalam pemesanan dan penggunaan tiket gratis uji coba kereta cepat WHOOSH. Akan tetapi, perusahaan mengklaim terbuka dan mendorong masyarakat untuk melapor jika menemukan ada yang menawarkan atau menjual tiket gratis tersebut.

Berdasarkan penelusuran Bloomberg Technoz, pada platform akun sosial media X, memang ada beberapa akun yang menawarkan tiket kereta cepat gratis tersebut, dengan kisaran biaya mulai dari Rp25-50 ribu.

"WTS [want to sell] tiket kereta cepat KCIC Bandung-Halim, fee 25K,' tulis salah satu akun di media sosial X, dikutip Senin (9/23/2023).