Logo Bloomberg Technoz

Sistem Sempat Down, OJK Sebut Data Aman

Mis Fransiska Dewi
09 October 2023 17:50

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan bahwa data nasabah aman usai minggu lalu sistem informasi lembaga pengawas perbankan dan lembaga keuangan Indonesia ini mengalami gangguan.

“Data nasabah di SLIK [Sistem Layanan Informasi Keuangan] dipastikan aman, backup secara berkala, harian, mingguan, bulanan, kami pastikan lengkap,” kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara mengupdate situasi errornya situs resmi lembaga, yang ternyata mengganggu sampai pada sistem layanan informasi kepada masyarakat.

Dalam Rapat Dewan Komisioner Bulanan September 2023, Mirza menyatakan bahwa pemulihan masih berjalan. Beberapa fitur seperti Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sudah dapat diakses kembali.

“OJK menyatakan per Rabu 4 Oktober, website OJK dan aplikasi perlindungan konsumen, APPK sudah bisa diakses. 5 Oktober, Kamis, layanan masyarakat SLIK bisa diakses. Begitu pula Si Peduli untuk laporan kepada OJK bisa berfungsi kembali,” kata dia, Senin (9/10/2023).

Secara khusus Mirza menyampaikan sampai dengan hari ini, Senin, OJK telah mendapatkan 702 laporan pada fitur SLIK. “Kami memahami gangguan, OJK dan masyarakat, karena itu OJK berupaya secepatnya melakukan pemulihan,” tegas dia.