Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Pertumpahan Darah di Festival Musik Israel, 260 Tewas

News
09 October 2023 16:10

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Israel Selatan - Sekitar 260 orang tewas dan ratusan terluka dalam salah satu titik serangan Hamas, yaitu di festival musik bertajuk "Tribe of Nova" yang digelar outdoor di Israel selatan.

Hal ini diumumkan oleh kelompok sukarelawan penanganan jenazah ZAKA, pada Minggu (08/10/2023), dikutip dari The Times of Israel.

Banyak dari korban yang hilang termasuk di mereka yang tewas, belum dapat diidentifikasi, yang lain diduga telah diculik dan dibawa ke Gaza, di mana Hamas menahan lebih dari 100 orang, menurut laporan itu.

Serangan terhadap festival Nova, sebuah pesta rave sepanjang malam yang menarik sekitar 3.000 orang Israel muda, terekam dalam adegan di video yang beredar di media sosial di mana orang-orang yang berlari ketakutan melintasi lapangan terbuka yang luas dan berlindung di kebun buah-buahan.

Menurut laporan itu, para pengunjung menggambarkan serangan itu sebagai “pembantaian” oleh teroris — yang tampaknya mengetahui sebelumnya tentang acara tersebut dan mengarahkan pasukan yang signifikan ke sana — mengepung para peserta dan menembaki puluhan dari mereka dengan senapan, kemudian bergerak melalui area tersebut dan memburu orang yang bersembunyi untuk dieksekusi atau ditangkap.