Logo Bloomberg Technoz

Rusia Minta Israel dan Hamas untuk Gencatan Senjata

Septiana Ledysia
07 October 2023 21:05

Ilustrasi Jalur Gaza (Sumber: Ahmad Salem/Bloomberg)
Ilustrasi Jalur Gaza (Sumber: Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perang antara Israel dan Hamas semakin memanas. Rusia menyerukan pasukan Israel dan Hamas untuk melakukan gencatan senjata.

Seperti yang dilansir oleh kantor berita AFP, Sabtu (7/10/2023), Kementerian Luar Negeri Rusia menyerukan pasukan Israel dan Palestina untuk melakukan gencatan senjata setelah kelompok Hamas menyerang Israel.

“Kami menyerukan kepada Palestina dan Israel untuk segera melakukan gencatan senjata, menghentikan kekerasan dan menunjukkan pengendalian diri yang diperlukan dengan bantuan komunitas internasional-membangun negoisasi yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian yang komprehensif dan abadi,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Seperti diketahui, Israel mengumumkan status siaga perang pada Sabtu (7/10/2023) ketika puluhan roket diluncurkan dari Jalur Gaza menghantam negara itu. Sejumlah pasukan Hamas juga dilaporkan menyusup ke kota-kota selatan dalam sebuah tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Israel mengirim pesawat tempur untuk menyerang balik. Hamas telah mendeklarasikan bakal melakukan operasi besar-besaran militer terhadap Israel.