Logo Bloomberg Technoz

Langkah Awal Arief Prasetyo Adi Setelah Ditunjuk Jadi Plt Mentan

Dovana Hasiana
07 October 2023 17:00

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, penunjukan dirinya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian diharapkan bisa mengakselerasi pembangunan pertanian dan menguatkan peran dan fungsi Kementerian Pertanian (Kementan). 

Untuk itu, Arief mengingatkan, pelaksanaan anggaran Kementan di sisa tahun 2023 agar dapat semakin akuntabel. Utamanya menyasar pada akselerasi program dan kegiatan Kementan yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Kita harus kerjakan penyerapan anggaran di sisa tahun 2023 ini untuk akselerasi program dan kegiatan yang ada. Tentunya implementasi semua itu harus akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar,” ujar Arief dalam siaran pers, Sabtu (7/10/2023). 

Adapun Arief mengatakan, peran dan fungsi Kementan yang berfokus pada produksi pangan menjadi bagian penting dalam penguatan tata kelola pangan nasional. 

Menurut Arief, masyarakat Indonesia sangat berharap Kementan untuk bisa menggenjot produksi pangan nasional. Sehingga, langkah pertama yang juga dilakukan Arief sebagai Plt Mentan adalah persiapan strategi musim pangan pada November dan Desember. Persiapan strategi ini pun akan melibatkan pemangku kepentingan terkait.