Logo Bloomberg Technoz

Trump Disebut Ikut Rapat Partai Republik, Bahas soal Ketua DPR

News
06 October 2023 14:10

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Stephanie Lai - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan Presiden AS Donald Trump sedang mempertimbangkan bertemu dengan anggota Partai Republik di DPR ketika mereka bersiap memilih Ketua DPR baru setelah penggulingan Kevin McCarthy.

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya, Trump, yang menjadi kandidat utama nominasi calon presiden dari Partai Republik untuk Pemilu 2024, sedang mempertimbangkan berkunjung ke Capitol pada hari Selasa. Saat itu, anggota Partai Republik di DPR akan berkumpul membahas pemilihan ketua DPR baru.

Upaya terang-terangan yang dilakukan oleh Trump untuk memengaruhi keputusan tersebut bisa saja memicu persaingan jabatan ketua DPR - sebuah jabatan yang berada di urutan kedua dalam hierarki kepresidenan - dan memiliki implikasi yang luas terhadap pekerjaan legislatif, serta pemilihan presiden.

Gedung DPR AS (Sumber: Bloomberg)

McCarthy terpaksa mundur sebagai Ketua DPR menyusul pemberontakan yang dilakukan sekelompok kecil namun berpengaruh dari anggota konservatif garis keras yang bersatu dengan Trump. Mereka marah karena McCarthy mendorong rancangan undang-undang pengeluaran jangka pendek bipartisan untuk menghindari penutupan pemerintah. Penggulingan bersejarah ini telah mengacaukan kaukus Partai Republik, menyoroti perpecahan mendalam di antara faksi-faksi partai, dan menghentikan pekerjaan di DPR.