Logo Bloomberg Technoz

Mengenal OCD yang Diidap David Beckham, Penyebab dan Gejalanya

Pramesti Regita Cindy
06 October 2023 13:45

David Beckham untuk poster film dokumenter Netflix. (Sumber: Instagram @davidbeckham)
David Beckham untuk poster film dokumenter Netflix. (Sumber: Instagram @davidbeckham)

Bloomberg Technoz, JakartaObsessive compulsive disorder atau OCD adalah salah satu jenis gangguan mental yang membuat penderitanya melakukan tindakan tertentu berulang kali. OCD juga berkaitan dengan gangguan cemas.

David Bekcham mengungkapkan dirinya memiliki gangguan obsesif kompulsif tersebut dalam film dokumenternya. Hal tersebut membuatnya ‘kelelahan’ karena harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan rumah.

Menurut psikolog yang juga dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dian Wishnuwardhani, OCD merupakan kondisi dimana orang banyak memikirkan sesuatu yang berulang-ulang sehingga menimbulkan kecemasan. 

“Misalnya kalau rumah tidak dibersihkan, nanti kotoran numpuk sehingga banyak kuman, dan nanti membuat sakit. Itu membuat dia punya kecemasan karena takut dengan kuman-kuman yang bertebangan dan bisa membersihkan rumah sehari 2-3 kali atau lebih,” kata Dian saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Jumat (6/10/2023).

Dian mengutarakan, OCD bisa berasal dari riwayat turunan. Karena secara psikologi, anak-anak bisa menjadi OCD karena melihat orang tua-nya yang menderita OCD selalu memperlihatkan perilaku yang rapih dan suka bersih-bersih.