Logo Bloomberg Technoz

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Minum Kolagen

Septiana Ledysia
06 October 2023 10:50

Produk kecantikan dipajang di sebuah showroom di Hangzhou, China, Mei 2020 (Qilai Shen/Bloomberg)
Produk kecantikan dipajang di sebuah showroom di Hangzhou, China, Mei 2020 (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Minuman berkolagen sedang ramai digemari masyarakat Indonesia. Peneliti yang juga epidemiolog Dicky Budiman mengutarakan masyarakat harus memahami beberapa hal berikut.

“Berkaitan dengan maraknya manfaat dari produk kolagen, seperti minuman, jika dilihat berbasis science, pertama bahwa secara umum masih terbatas riset yang mendukung klaim ini. Masih diperlukan riset yang intensif dan detail terkait manfaat kolagen. Sehingga semakin bisa dipercaya ketika memiliki bukti yang kuat,” ujar Dicky saat berbincang.

Minuman berkolagen sedang ramai dikonsumsi di Indonesia. Setelah marak sekali iklan terkait minuman tersebut ditemukan di beberapa platform media sosial seperti TikTok.

Minuman berkolagen dalam beberapa tahun terakhir memang sering dibicarakan di beberapa negara seperti Australia. Karena minuman ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit.

“Secara umum memang baik untuk kulit. Seperti mengurangi kerutan, yang mengarah menjaga kemudaan. Tapi sekali lagi masih perlu dilakukan riset untuk minuman ini,” kata Dicky.