Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Polisi Selidiki Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Pramesti Regita Cindy
06 October 2023 04:05

Ilustrasi Polda Metro Jatya. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Polda Metro Jatya. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polda Metro Jaya membenarkan sedang menyelidiki laporan soal dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2021. Bahkan dalam dugaan pemerasan itu, Polda Metro Jaya sudah memeriksa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL hingga tiga kali.

Lantas bagaimana kronologi pelaporan atau pengaduan masyarakat soal dugaan pemerasan yang disebutkan dilakukan oleh pimpinan KPK.

12 Agustus 2023:

Polda Metro Jaya menerima pengaduan masyarakat (dumas) adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian pada tahun 2021. Namun pihak polisi tak mau membeberkan siapa pelapornya atas dasar kerahasiaan dan perlindungan.

15 Agustus 2023

Diterbitkan surat perintah pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) sebagai dasar pengumpulan bahan keterangan atas informasi atau pengaduan masyarakat. 

"Kemudian tim penyelidik Subdit Tipikor Polda Metro Jaya melakukan serangkaian upaya penyelidikan untuk menemukan apakah ada peristiwa pidana yang terjadi dari dugaan tindak pidana yang dilaporkan," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

24 Agustus-5 Oktober 2023