Logo Bloomberg Technoz

Polda Metro Benarkan Selidiki Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Dovana Hasiana
05 October 2023 22:34

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris BesarTrunoyudo Wisnu Andiko. (Tangkapan layar Youtube Polda Metro Jaya)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris BesarTrunoyudo Wisnu Andiko. (Tangkapan layar Youtube Polda Metro Jaya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polda Metro Jaya membenarkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki laporan soal dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2021.

"Tadi kami telah melakukan serangkaian proses penyelidikan yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Oleh karena itu, pada saat ini dugaan pemerasan yang dilaporkan pada 12 Agustus 2023 itu tengah ditangani oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Setelah diterbitkan surat penyelidikan maka dilakukan pemanggilan sejumlah orang untuk diminta keterangan dan verifikasi. Pada hari ini, Polda Metro Jaya juga membenarkan meminta keterangan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Setidaknya sudah 6 orang yang diperiksa sejak pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) pada 15 Agustus 2023. 

"Proses ini masih berkesinambungan ya tentunya tadi disampaikan hari ini kurang lebih di atas jam 12 siang tadi melakukan kajian kami mohon waktu yang cukup untuk menyampaikan update nanti," lanjut dia.