Logo Bloomberg Technoz

Amazon Akan Luncurkan Satelit, Siap Bersaing dengan SpaceX

News
05 October 2023 19:45

Amazon (Dok Amazon)
Amazon (Dok Amazon)

Loren Grush dan Matt Day - Bloomberg News

Bloomberg, Amazon.com Inc. bersiap untuk meluncurkan dua satelit uji coba pertamanya untuk Project Kuiper pada Jumat. Ini merupakan bagian dari upaya perusahan raksasa teknologi milik Jeff Bezos itu untuk membangun sebuah konstelasi internet dari luar angkasa yang besar untuk bersaing dengan Starlink milik SpaceX.

Satelit uji coba ini dijadwalkan akan diluncurkan dengan roket Atlas V milik United Launch Alliance di Florida pada pukul 14.00 waktu setempat. Dikenal sebagai misi "protoflight," satelit-satelit ini, yang seharusnya sudah berada di luar angkasa setahun yang lalu, dimaksudkan untuk menguji kemampuan perusahaan dalam mengirimkan internet broadband dari orbit.

Ini akan menjadi uji terbang pertama untuk inisiatif ambisius Amazon, Project Kuiper, yang berjanji akan menghabiskan lebih dari US$10 miliar.

Sama seperti Starlink milik SpaceX, Kuiper bertujuan untuk menyelimuti seluruh dunia dengan 3.236 satelit di orbit rendah bumi. Pelanggan yang membeli terminal kecil, yang diluncurkan oleh Amazon pada bulan Maret, akan dapat mengirim dan menerima sinyal dari satelit Kuiper di masa depan.