Logo Bloomberg Technoz

Masih Sepi, ESDM Kejar Tayang Konversi Motor Listrik Hingga 2024

Sultan Ibnu Affan
05 October 2023 17:15

Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)
Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih terus mengupayakan target ambisius untuk konversi motor listrik sebanyak 50.000 kendaraan pada 2023, dan 150.000 pada 2024.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan saat ini program konversi motor listrik masih berjalan, meski realisasinya cukup jauh dari target tahun ini.

“Konversi masih jalan. Ini kan program pertama, yang jelas, kita pada tahun pertama ini kita bangun dahulu [ekosistemnya]. Paling penting rantai pasoknya, baterainya dari mana, komponen dari mana,” ujar Yudo saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Selain mengoptimalkan rantai pasok, Yudo mengatakan kementerian bakal terus meningkatkan sumber daya manusia agar program konversi motor listrik akan terus berjalan  hingga 2024.

“Itu sedang kita fokuskan ke arah sana, kita bangun rantai pasoknya dan kita bangun bengkel-bengkelnya. Nanti setelah siap, baru kita lijat. Berapa yang ada saat ini? Masih kita evaluasi berapa yang bisa kita capai,” tuturnya.