Logo Bloomberg Technoz

KPK Sita Mobil Audi A6 Milik Mentan SYL di Makassar

Mis Fransiska Dewi
05 October 2023 16:55

Penyidik KPK menggeledah rumah Mentan SYL di kawasan Widya Chandra Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Penyidik KPK menggeledah rumah Mentan SYL di kawasan Widya Chandra Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi terus melanjutkan kegiatan penggeledahan dalam pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Kali ini, penyidik menggeledah sebuah dua rumah milik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Tim Penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di wilayah Kota Makassar. Beralamat di Jl Pelita Raya dan Jalan Bumi 13 Blok C Perum B BPH Makassar," kata juru bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkat, Kamis (5/10/2023).

Dari penggeledahan tersebut, menurut dia, penyidik menyita sejumlah barang bukti yang akan digunakan dalam pengusutan kasus korupsi yang berlangsung pada 2019-2022 di Kementan. Beberapa di antaranya adalah dokumen dan berkas yang saat ini tengah dianalisis tim penyidik.

“Dari lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti antara lain berupa 1 unit mobil merek Audi A6," ujar Ali.

Dua rumah tersebut tersebut menambah jumlah lokasi penggeledahan yang berkaitan dengan Mentan SYL. Sebelumnya, penyidik sudah menggeledah rumah dinas di kawasan Widya Chandra dan kantor SYL di Kementerian Pertanian, 29-30 September 2023. Dari lokasi ini, penyidik menyita sejumlah uang tunai sekitar Rp30 miliar yang terdiri dari pecahan rupiah, dolar AS dan dolar Singapura.