Logo Bloomberg Technoz

Kamis sore ini akan ada pengumuman suku bunga terbaru bulan Februari. Para pelaku pasar memprediksi Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI akan menahan laju kenaikan suku bunga pada level 5,75%. Berdasarkan konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg, BI 7 Day Reverse Repo Rate diperkirakan bertahan di 5,75%. Dari 27 institusi, hanya 1 yang memperkirakan ada kenaikan 25 basis poin menjadi 6% yaitu Moody’s Analytics. Kepercayaan pelaku pasar ini menjadikan tekanan rupiah sedikit mereda. Bahkan rupiah jadi mata uang terbaik Asia Tenggara.

Pada perdagangan kemarin IHSG ditutup melemah 0,39% atau turun 27,31 poin ke level 6.914,53. Sementara Ajaib Sekuritas dalam laporan memperkirakan IHSG bergerak pada level 6.840 - 6.985. Saham-saham yang jadi rekomendasi pada perdagangan hari ini adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), dan PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII).

Pada perdagangan regional Asia, bursa saham diproyeksikan menguat, berdasarkan data sementara ini indeks Straits Times Singapore +1,00%, dan indeks Nikkei 225 +0,71%.

Indeks utama Wall Street ditutup bergerak di zona positif semalam. Dow Jones ditutup naik 38,78 poin, dengan +0,11%. Saham Airbnb jadi salah satu pendukung penguatan, disusul oleh naiknya saham Caterpillar dan saham Tesla yang masing-masing menguat 1,78% dan 1,66%.

Penjualan ritel AS pada Januari melonjak tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir, dan sentimen pembangunan rumah meningkat pada Februari, merupakan data tertinggi sejak pertengahan 2020. Bloomberg News melaporkan, investor merespon positif rilis data penjualan ritel AS. Tercatat, pada Januari 2023 penjualan ritel melesat 3% dibandingkan bulan sebelumnya.

(fad/wep)

No more pages