Logo Bloomberg Technoz

Apple Pernah Mau Ganti Mesin Pencari Google ke DuckDuckGo?

News
05 October 2023 12:55

CEO Apple Tim Cook. (dok Bloomberg)
CEO Apple Tim Cook. (dok Bloomberg)

Leah Nylen - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc. disebut pernah punya niat untuk menggantikan mesin pencari (search engine) Google milik Alphabet Inc. di mode pencarian privat pada Safari menjadi DuckDuckGo. Namun gagasan ini akhirnya ditolak petinggi perusahaan.

Rincian pembicaraan tersebut, termasuk diskusi Apple tentang pembelian mesin Bing milik Microsoft Corp. pada 2018 dan 2020, terungkap pada Rabu (5/10/2023) dalam transkrip yang tidak disegel hakim yang memimpin persidangan antimonopoli pemerintah AS terhadap Google.

Hakim Distrik AS Amit Mehta memutuskan untuk membuka segel kesaksian CEO DuckDuckGo Gabriel Weinberg dan eksekutif Apple John Giannandrea, yang keduanya memberikan kesaksian di pengadilan Washington dalam sesi tertutup.

CEO DuckDuckGo Gabriel Weinberg (Al Drago/Bloomberg)

Weinberg bersaksi bahwa pihaknya mengadakan sekitar 20 pertemuan dan panggilan telepon dengan para eksekutif Apple, termasuk bos Safari, pada tahun 2018 hingga 2019 untuk menjadikan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default dalam mode penelusuran pribadi. Dalam mode ini, Safari tidak melacak situs web yang dikunjungi pengguna atau menyimpan riwayat situs-situs yang telah diakses pengguna.