Logo Bloomberg Technoz

Barclays: Cuma Keruntuhan Pasar Saham Bisa Selamatkan Obligasi

News
05 October 2023 09:35

Ilustrasi Obligasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Obligasi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Garfield Reynolds - Bloomberg News

Bloomberg, Barclays Plc mengatakan kejatuhan harga bligasi global akan terus berlanjut, kecuali jika pasar saham terus merosot yang akan menghidupkan kembali daya tarik aset berpendapatan tetap tersebut.

"Tidak ada tingkat imbal hasil ajaib yang, ketika tercapai, secara otomatis akan menarik cukup banyak pembeli untuk memicu reli obligasi yang berkelanjutan," tulis analis Barclays yang dipimpin oleh Ajay Rajadhyaksha dalam sebuah catatan.

"Dalam jangka pendek, kita bisa memikirkan satu skenario di mana obligasi menguat secara material. Jika aset-aset berisiko turun tajam dalam beberapa minggu mendatang."

Kekalahan di Treasury telah mengirimkan gelombang kejut ke pasar obligasi global karena para investor memposisikan diri untuk menghadapi kenyataan bahwa biaya pinjaman kemungkinan akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Aksi jual telah mereda namun para trader tetap waspada akan kebangkitan volatilitas, terutama jika data penggajian non pertanian AS pada hari Jumat dirilis lebih kuat dari yang diharapkan.

Pergerakan pasar saham