Logo Bloomberg Technoz

Tugas utamanya adalah mengorganisir pemilihan ketua baru. Jika terjadi kebuntuan dalam pemilihan untuk posisi tersebut, DPR dapat memberi wewenang terbatas waktu kepada McHenry dalam memimpin debat dan pemungutan suara. Namun, itu tetap memerlukan suara mayoritas.

Gedung DPR AS (Sumber: Bloomberg)

Kapan ketua baru DPR AS akan dipilih?

Keputusan Kevin McCarthy untuk tidak mencalonkan diri lagi sebagai ketua DPR mempercepat proses pencarian ketua baru. Jika dia mencoba melawan delapan orang dari partainya, Partai Republik, yang menggulingkannya, proses itu akan berlarut-larut.

McHenry telah mengumumkan niatnya untuk mengadakan pemilihan ketua pada Rabu, 11 Oktober. Mayoritas Republik DPR akan mengadakan forum tertutup pada Selasa (03/10/2023), di mana para kandidat dapat mencalonkan diri untuk jabatan tersebut. Jika ada kandidat yang kuat muncul, McHenry berencana melanjutkan dengan pemungutan suara.

Bagaimana proses pemilihan ketua DPR AS?

Pemilihan akan dilakukan melalui pemungutan suara di DPR. Dengan dua kursi kosong di dewan yang beranggotakan 435 orang, seorang kandidat harus mendapatkan 217 suara untuk menang jika semua anggota hadir dan memberikan suara, dan tidak ada yang abstain.

Siapa yang akan mencalonkan diri?

Kandidat yang mungkin menggantikan Kevin McCarthy di antaranya adalah anggota DPR senior Steve Scalise dari Louisiana, Tom Emmer dari Minnesota, atau Elise Stefanik dari New York. Kelompok konservatif Freedom Caucus dapat mengajukan kandidat mereka sendiri, meskipun salah satu calon potensial, Chip Roy dari Texas, mengatakan dia tidak tertarik.

Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)

Kelompok moderat juga dapat berupaya untuk mencalonkan kandidat mereka sendiri seperti Brian Fitzpatrick dari Pennsylvania. Ketua Komite Studi Partai Republik Kevin Hern dan anggota Freedom Caucus Jim Jordan juga merupakan calon potensial.

Beberapa anggota DPR menganjurkan mantan Presiden Donald Trump untuk jadi ketua DPR AS, meskipun peluangnya kecil. Ini mungkin terjadi karena ketua DPR tidak harus menjadi anggota Kongres.

Demokrat memiliki jalan yang lebih mudah. Mereka diperkirakan akan tetap mencalonkan Hakeem Jeffries dari New York, pemimpin minoritas.

Apa yang dapat dilakukan DPR AS sementara waktu ini?

DPR telah menunda pemilihan ketua baru hingga 10 Oktober seiring dengan periode reses. Sampai seorang ketua baru terpilih, kemungkinan besar mereka tidak dapat melakukan pemungutan suara terhadap undang-undang seperti pengeluaran fiskal 2024 yang masih tertunda.

McHenry tidak memiliki kekuasaan penuh berdasarkan peran terbatas sebagai pelaksana tugas. Sementara itu, komite DPR masih dapat menjalankan tugas mereka. Itu berarti penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden dapat terus berlanjut, dan dua RUU soal pengeluaran yang masih berada di Komite Penganggaran dapat disetujui.

(bbn)

No more pages