Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Kemarau Berakhir Oktober, Musim Hujan Dimulai November

News
04 October 2023 14:55

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Istana Negara. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Istana Negara. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan akan mulai memasuki sejumlah wilayah Indonesia pada bulan November. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya angin monsun dari arah Asia. 

"Insya Allah kita akan mulai turun hujan di bulan November, artinya pengaruh El Nino akan mulai tersapu oleh hujan," kata Dwikorita di Kompleks Istana Kepresidenan, melalui keterangan pers, Rabu (4/10/2023). 

Puncak El Nino di Indonesia, kata Dwikorita, terjadi pada September dan diperkirakan masih akan terjadi dan berakhir pada akhir Oktober. Adapun memasuki November akan mulai terjadi transisi dari musim kemarau ke musim hujan. 

"El Ninonya masih akan berlangsung diprediksi dari moderat sampe akhir tahun dan melemah di bulan Februari-Maret, dan berakhir di bulan Maret, artinya masih cukup panjang beberapa bulan ke depan," katanya menjelaskan. 

Dwikorita berharap musim kemarau kering akan berakhir secara bertahap. Di beberapa daerah akan terjadi sebelum November dan sebagian besar daerah lainnya terjadi pada November.